Jumat, 08 Juni 2012

Teknologi Informasi


KOMPUTER

A.   Pengantar atau Pengenalan Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (TI) adalah istilah yang digunakan dalam berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam hal pengolahan, penyimpanan, dan pendistribusian/penyebaran informasi. Teknologi informasi saat ini berkembang dengan pesat dan sangat diperlukan oleh manusia, hal ini disebabkan oleh berbagai macam alasan diantaranya, kompleksitas tugas manajemen, pengaruh globalisasi, perlurnya respon waktu yang cepat dan tekanan persaingan bisnis.
Sistem informasi merupakan suatu hal yang sangat erat hubungannya dengan teknologi informasi. Sistem informasi merupakan sistem yang menggunakanteknologikomputeruntukmengumpulkan,memproses, menyimpan, menganalisisdanmenyebarkaninformasi.
Infrastruktur informasi terdiri dari :
1.      perangkat keras (hardware), terdiri dari :
a)      Central Procesing Unit (CPU).
Komponen CPU terdiri dari : control unit, Arithmatic Logic Unit (ALU)
b)      Media penyimpanan, dibagi menjadi 3 yaitu, primary storage, secondary storage, dan optical storage.
c)      Input Device, terdiri dari keyboard, mouse, scanner, barcode reader, dll.
d)     Output Device, terdiri dari monitor, printer, plotters, COM, ARU, dll.
2.      perangkat lunak (software)
Merupakan perangkat komputer yang tidak bisa dilihat dengan nyata. Perangkat lunak terdiri dari program-program aplikasi dan sistem operasi. Dalam perangkat lunak terdapat system control program dan sistem support program. Software dibagi menjadi dalam beberapa kelompok yaitu :
a)      System operasi
Program dasar yang terdapat di dalam komputer. Contoh-contoh system operasi yaitu :
1)      MS-DOS (Disk Operating System)

adalah sistem operasi yang berbasis teks artinya semua perintahnya dengan menggunakan teks dan tidak berbasis grafis.
2)      WINDOWS

 merupakan system operasi berbasis gambar/grafis, dimana seluruh perintahnya telah menggunakan gambar dan mampu mengenal perintah audio visual.
3)      LINUX

merupakan sistem operasi yang dikhususkan untuk system jaringan komputer.
4)      UNIX
Sistem operasi UNIX lebih mengarah pada workstation dan server. UNIX memiliki ketersediaan dan kompatibiloitas yang tinggi sehingga UNIX dapat berkembang dengan pesat yang mengakibatkan UNIX memiliki banyak varian.
5)      MAC-OS (Macintosh Operating Sistem)

Merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Apple Computer yang khusus digunakan untuk komputer macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM.

b)      Program Aplikasi diantaranya : Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Acces, Microsoft PowerPoint, dll.
3.      Jaringan dan Komunikasi,
4.      Basis Data (database), dan
5.      Information Manajemen Personnel.

B.   Sistem Operasi
Sistem operasi atau Operating system (OS) merupakan suatu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengontrol dan memanajemen perangkat keras (hardware) serta operasi-operasi dasar sistem. Selain itu juga berfungsi untuk menjalankan program-progaram aplikasi seperti pengolah kata dan browser web. Sistem operasi merupakan software utama yang diletakkan dalam memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Dan software lainnya dijalankan setelah sistem operasi beroperasi.
Sistem operasi dapat melakukan pelayanan inti umum seperti : akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
Secara umum, Sistem Operasi dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain :
1.      Mekanisme Boot, yaitu suatu proses meletakkan kernel kedalam memori kernel dimana kernel merupakan inti dari suatu sistem operasi.
2.      Command Interpreter atau Shell, berfungsi untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat diakses oleh aplikasi/program maupun erangkati lunak lainnya. Contoh Shell yaitu : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
3.      Driver berfungsi untuk berinteraksi/berkomunikasi dengan perangkat keras (hardware) sekaligus mengontrol kinerja perangkat keras (hardware.)
4.      Resource Allocator merupakan Sistem Operasi yang bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
5.      Handler berperan mengendalikan sistem perangkat supaya terhindar dari kesalahan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
Menurut Tanebaum, perkembangan Sistem Operasi dibagi menjadi 4 generasi, yaitu:
1.      Generasi Awal
Perkembangan awal Sistem Operasi masih bersifat manual. Hal ini disebabkan karena belum adanya Sistem Operasi otomatis sehingga belum bisa mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.
2.      Generasi Kedua
Pada  generasi ini sudah diperkenalkan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian yang disebut  dengan Batch Proccessing System.
3.      Generasi Ketiga
Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).
4.      Generasi Keempat
Sudah mulai diperkenalkan GUI (Graphical User Interface) yaitu Sistem Operasi yang memiliki tampilan dan dengan menggunakan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/program atau software.
5.      Generasi Selanjutnya
Generasi selanjutnya diluncurkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Dalam generasi selanjutnya juga diperkenalkan teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan juga Cross Platform Operating System dimana dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows
Macam-macam Sistem Operasi yang terdapat pada Personal Computer, diantaranya :
1.      Windows (Microsoft Windows)
Merupakan Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang berbasis GUI (Graphical User Interface).
Awalnya Windows bermula dari Ms-Dos (Microsoft Disk Operating System) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Windows Versi pertama, Windows Graphic Environmnet 1.0 merupakan perangkat lunak yang bekerja berdasarkan MS-DOS, sehingga untuk mengoperasikannya membutuhkan MS-DOS.
Kemudian berkembang menjadi Windows 1.0 versi pertama yang berbasiskan GUI (Graphical User Interface) dan mendukung Multi-Tasking. Setelah itu Windows 1.0 berkembang menjadi Windows 2.0, Windows 2.0 ini berbasis GUI dan mendukung penggunaan VGA (Video GraphicsArray) dan juga mendukung Multi-Tasking. Windows 2.0 juga mendukung penggunaan Processor Intel 80286 dimana Processor Intel 80286 adalah Processor pertama dengan kemampuan untuk melindungi area memory.
Kemudian dilanjutkan dengan generasi Windows 3.0 yang memiliki kemampuan yang sama dengan Windows sebelumnya dan ditambah dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon yang lebih baik. Windows 3.0 juga memperkenalkan adanya Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk mengurangi ketergantungan pada setiap driver pada perangkat keras tertentu. Windows 3.0 kemudian berevolusi menjadi Windows 3.1 yang sudah dipublikasikan dengan fitur Multimedia dan True Type Font.
Setelah menjalani waktu yang cukup lama akhirnya Microsoft memperkenalkan Sistem Operasi hibrida 16-Bit/32-Bit yang dikenal dengan nama Windows 95. Adapun perubahan dari Windows versi sebelumnya, yaitu : Windows 95 memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif, mendukung Plug and Play, mendukung penamaan yang panjang, memiliki beberapa fasilitas seperti : Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows. Selain itu juga Windows 95 memiliki fitur untuk memanajemen daya (APM) dan diperkenalkannya juga Client-Server.
Generasi penerus dari Windows 95 adalah Windows 98 yang sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta mendukung media penyimpanan seperti USB. Ada juga beberapa fitur tambahan berupa aplikasi Microsoft Office dan Internet Explorer versi 5. Windows 98 memiliki kemampuan untuk memainkan Game dan mengoperasikan aplikasi Multimedia.
Perkembangan selanjutnya adalah Windows ME, tidak ada yang menarik dari Windows ME, akhrinya digantikan dengan Windows NT yang sudah mendukung arsitekstur x86 (80×86) , Intel IA64 dan AMD64 (x64) serta mendukung grafis 32-Bit. Windows NT sebenarnya dibangun dari pengembangan IBM OS/2 dan Windows NT juga banyak digunakan dalam jaringan komputer. Selanjutnya Windows NT berkembang menjadi Windows 2000 banyak fitur tambahan. Setelah generasi Windows NT munculah Windows XP yang menawarkan banyak perubahan, mempunyai banyak fitur dan tampilan yang semakin baik. Windows XP merupakan Windows yang paling banyak digunakan oleh pengguna PC maupun perangkat PC bergerak (Mobile). Versi selanjutnya yaitu Windows Server 2003. Windows Server 2003 merupakan reinkarnasi dari Windows NT.
Versi selanjutnya adalah Windows Vista (Longhorn), yang merupakan perkembangan dari Windows XP. Windows Vista lebih mengutamakan interface atau penampilan grafis antarmuka dibandingkan dengan performa. Generasi berikutnya diawali dengan munculnya penggabungan Sistem Operasi Windows Vista dengan Windows Server, yaitu Windows Server 2008. Fitur Windows Vista dan Windows Server digabung menjadi satu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan End-User. Versi terakhir Sistem Operasi Windows adalah Windows 7, Windows 7 dirilis untuk menggantikan kekurangan Windows XP dan kelebihan Windows Vista. Windows 7 memiliki performa yang lebih baik dari Windows Vista.

2.      UNIX
Merupakan sistem operasi yang dirancang sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX mudah dikembangkan oleh banyak pihak dan mengakibatkan UNIX memiliki banyak varian.
UNIX ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX).

3.      LINUX
Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux menggunakan Kernel Monilitik merupakan Kernel Linux yang menangani kontrol proses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.
Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan kebal terhadap Malware.

4.      IBM OS/2
Sistem Operasi IBM OS/2 dirancang oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. OS/2 merupakan singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini dirancang agar mampu digunakan oleh Mikroprosessor Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara cepat, serta mendukung Memori Virtual.

5.      MAC OS (Machintos Operating System)
MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer yang dirancang  untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI). Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis :
a)      MAC OS Klasik
menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking
b)      MAC OS X
MAC OS X input unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking.
Kelebihan MAC OS :  
a)      Stabil, karena menggunakan UNIX.
b)      Multitasking.
c)       Tampilan (UI) sangat bagus.
d)      Aman dari Malware.

6.      FREE BSD
FreeBSD merupakan Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang direvolusikan dari UNIX AT&T. FreeBSD kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. FreeBSD memiliki suatu tujuan yaitu menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan.

7.      SOLARIS
Sistem Operasi Solaris berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software.

8.      Chrome OS
Chrome OS merupakan Sistem Operasi keluaran Google berbasis Linux dan standard web untuk personal computer. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi.



                                      
C.   Keamanan Komputer/Virus
1.      Keamanan Komputer
Keamanan komputermerupakansuatu teknologi komputer yang dikenal dengan keamanan informasi. Target keamanan komputer disini antara lainuntukmelindungi informasi dari pencurian atau korupsi, atau memelihara ketersediaan, seperti yang dijelaskan pada kebijakan keamanan.
Lima tujuan keamanan dalam komputer yaitu :
a)    Availability
b)    Confidentiality
c)    Data Integrity
d)   Control
e)    Audit
Keamanan komputer berwujud pembatasan terhadap sesuatu yang tidak boleh dilakukan oleh komputer. Keamanan komputer memberikan suatu teknis untuk mengubah persyaratan negatif menjadi aturan positif yang dapat dipercaya. Cara yang digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yaitu dengan membatasi akses fisik terhadap komputer, diterapkan pada hardware dan sistem operasi untuk keamanan komputer, serta merancang strategi pemrograman untuk menghasilkan program komputer yang dapat diandalkan.
Keamanan jaringan Komputer dapat dilihat dari segi bentuknya, yaitu :
a)      Keamanan hardware
Pada keamanan hardware, server dan tempat penyimpanan data harus selalu diawasi. Akses secara fisik terhadap server dan data-data penting harus dibatasi sebisa mungkin. Strategi  mengamankan hardware yaitu denganmeletakkanpada ruangan yang memiliki keamanan baik. Hal ini agar tidak muidah bagi hacker untuk melalukakn manipulasi terhadap hardware. 
b)      Keamanan Software
Pada keamanan software yang perlu diperhatikan adalah keamanan sistem operasi, sistem aplikasi, data dan informasi yang tersimpan dalam komputer jaringan terutama pada server. Dalam penginstalan software sebaiknya memiliki kualitas keamanan yang baik. Kemampuan untuk enkripsi (mengacak data) adalah spesifikasi yang harus dimilki oleh software yang akan digunakan.

2.      Virus Komputer
Virus komputer merupakan suatu program komputer yang mampu menduplikasi atau menggandakan dirinya sendiri dengan menyisipkan salinan dirinya pada media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan dengan tersembunyi tanpa diketahui oleh pengguna komputer tersebut. Efek yang ditimbulkan dari virus-virus komputer bermacam-macam. Ada yang tidak menimbulkan efek sama sekali namun ada juga yang sampai mengakibatkan kerusakan parah pada komputer yang terinfeksi virus.
Jenis-jenis virus komputer, diantaranya :
a)      Worm : menggandakan dirinya pada harddisk, sehingga mengakibatkan harddisk komputer cepat penuh.
b)      Trojan  : komputer kita dikontrol oleh orang lain/pembuat trojan itu sendiri melalui jaringan internet.
c)      Spyware : biasanya bersifat memantau komputer yang telah terinfeksi virus.
d)     Rogue  : virus yang biasanya meniru program antivirus, dan bekerja layaknya antivirus biasa. Diamana virus ini memberikan peringtan-peringatan palsu mengenai adanya virus. Hal ini dilakukan agar banyak yang membelinya sehingga menimbulkan keuntungan bagi pembuat virus rogue. Rogue juga bisa membuka celah keamanan bagi komputer sehingga memudahkan virus untuk menginfeksinya.
e)      Polymorphic    : virus yang sering berubah-ubah agar sulit untuk dideteksi.
f)       Metamorphic   : virus yang mengubah pengkodeannya agar lbih sulit untuk terdeteksi.
Tanda-Tanda/Ciri-Ciri Komputer Kita Terkena/Terinfeksi Virus Komputer :
a)      Pengoperasian komputer menjadi sangat lambat.
b)      Adanya pesan-pesan error.
c)      Tampilan komputer berubah.
d)     Komputer merestart dirinya sendiri saat digunakan.
e)      Komputer hang.
f)       Tidak bisa mengakses harddisk.
g)      Printer atau perangkat lainnya tidak berfungsi secara optimal bahkan tidak bisa digunakan padahal tidak ada kerusakan hardware maupun software.
h)      Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
i)        File yang disimpan hilang begitu saja, dll.
Contoh media penyebaran virus komputer dari komputer yang satu ke komputer yang lain :
a)      Media Penyimpanan
b)      Jaringan LAN, WAN, MAN, internet dan sebagainya.
c)      File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.
d)     File software (piranti lunak) yang terinfeksi virus komputer.

D.   Aplikasi Microsoft Word
Microsoft word merupakan salah satu program pengolah kata yang mudah digunakan, menyediakan banyak fasilitas canggih dan otomatis. Hal ini mengakibatkan microsoft word banyak diminati oleh pengguna komputer.
Keunggulan Microsoft Word berdasarkan fungsinya :
1.      Membuat tabel dan perhitungannya.
2.       Membuat grafik.
3.       Membuat struktrur organisasi.
4.       Membuat bagan, flowchart.
5.      Membuat homepage berbasis GUI (Graphical User Interface).
Keunggulannya lainnya lainnya, yaitu :
1.      Pengoperasiannya mudah
2.       Manajemen file mudah
3.      Kualitas baik dan bagus dalam pencetakan.
4.      WYSIWYG (What You See Is What You Get), yaitu apa yang Anda lihat di monitor akan sama dengan hasil cetakan.
5.      Dapat  melakukan pengiriman e-mail dan faks langsung jika terhubung Internet.
6.       Mampu disisipkan  gambar dan grafik maupun objek lainnya.
7.      Mampu menyimpan file dalam bentuk web.

·         Langkah-langkah mengaktifkan microsoft word 2003
Menggunakan ikon microsoft word pada all program.
1.      Klik tombol start pada taksbar. Klik program.
2.      Lanjutkan dengan memilih menu Microsoft office, lalu pilih microsoft office word 2003.
Memanfaatkan shortcut microsoft word pada dekstop
1.      Double klik pada shortcut.


·         Membuat dokumen Baru
Jika dalam ms. Word masih ada dokumen yang masih aktif dan Anda ingin membuat dokumen baru, anda cukup menekan tombol Ctrl+N atau klik New
Hal yang harus diperhatika dalam pembuatan dokumen baru adalah ukuran kertasnya, misalnya :
1.      Ukuran kertas (Paper Size) adalah Letter dengan ukuran 8.5 x 11’.
2.      Batas atas (Top Margin) adalah 1 inci.
3.       Batas bawah (Bottom Margin) adalah 1 inci.
4.      Batas kiri (Left Margin) adalah 1.25 inci.
5.      Batas kanan (Right Margin) adalah 1.25 inci.
·         Pengaturan Margin, Ukuran Kertas, dan Layout
1.       Klik menu File.
2.      Klik Page Setup.
3.      Klik tab Margins, tentukan Margins, Orientation.
4.       Klik tab Paper, tentukan Paper size, Paper source, Preview.
5.      Klik tab Layout, tentukan Section start, Headers and footer, From edge, Page vertical alignment.
6.      Klik OK.
·         Membuat penomoran halaman
1.      Pilih menu insert kemudian page number. Tunggu hingga terdapat kotak dialog page number.
2.      Position, untuk menentukan letak penomoran.
Bottom Of Page (Footer), untuk menempatkan halaman dibagian judul kaki.
Top Of Page (Header) menempatkan penomoran halaman dibagian judul kepala.
3.      Allignment, untuk mengatur perataan nomor halaman
Left, nomor  halaman rata kiri
Right, nomor halaman rata kanan
Center, nomor halaman rata tengah
Inside, nomor halaman pada sisi tengah rata kiri dan rata kanan
Outside, nomor halaman pada sisi luar rata kiri dan rata kanan.

·         Mengedit dokument
Ada berbagai hal yang dapat dilakukan dalam pengeditan, diantaranya :
1.      Menyeleksi (Blok) Teks
a)      Menyeleksi Teks Menggunakan Mouse, dengan menaruh kursor pada teks yang akan diseleksi.
b)      Menyeleksi Teks Seluruh Halaman dengan Menu Edit
Klik menu Edit.
Klik Select All.
c)      Menyeleksi Teks Menggunakan Keyboard
2.      Menyalin dan Memindahkan Teks
Menyalin Teks
Blok teks yang akan disalin., Klik menu Edit., Klik Copy (Ctrl+C)., Letakkan kursor pada baris atau area yang diinginkan, untuk menempatkan hasil kopi, Klik menu Edit, Klik Paste.
Pemindahan Teks
Blok teks yang akan dipindahkan, Klik menu Edit, Klik Cut (Ctrl+X), Letakkan kursor pada baris atau area yang diinginkan, untuk menempatkan hasil kopi, Klik menu Edit, Klik Paste.

·         Layout Document
1.      Klik menu File kemudian pilih Page Setup, tunggu hingga muncul tampilan kotak dialog Page Setup.
2.      Pada orientation, pilih portrait  atau Landscape.
3.      Pada kotak Apply to :
Pilih whole dokument jika berlaku untuk semua halaman yang ada.
Pilih This Point Foward apabila iongin diberlakukan pada dokument tertentu saja.

·         Menyimpan dan menutup Document
1.      Menyimpan Dokument
Klik menu File.
Klik Save.
Pada kotak dialog Save As, tentukan Save in, File name, Save as type.
Klik Save.
2.      Menutup dokumen:
Klik menu File.
Klik Close.
Jika muncul pertanyaan “Do you want to save the changes to…”, Anda dapat menjawab “Yes” untuk menyimpan kembali, “No” untuk tidak menyimpan, dan Cancel untuk membatalkan penutupan file.
·         Mail Merge
1.      Membuat File Master
Ø  Pilih menu Tools.
Ø  Pilih dan klik Letters and Mailings.
Ø  Klik Mail Merge, tunggu hingga tampil  kotak dialog Mail Merge pada jendela task pane disebelah kanan  tampilan ms. Word.
Ø  Tentukan  jenis dokumen yang akan digunakan pada pertanyaan“What type of document are you working on?”.
Ø  Klik Next Starting document.
Ø  Tentukanfile master  yang akan digunakan  pada pertanyaan “How do you want to set up your letters?”
Ø  Kemudian Klik Next: Select recipients.
2.      Membuat File Data
Ø  Pilihlah Type a new list pada task pane Mail Merge kemudian Select recipients.
Ø  Klik Create, tunggu hingga tampil kotak isian data New Address List.
Ø  Klik Customize untuk mengganti field yang diinginkan, tunggu hingga tampil kotak dialog Customize Address List.
Ø  Klik Delete untuk menghapus field yang tidak diinginkan. Klik Rename untuk mengganti nama field yang ada sesuai keinginan, atau klik Add untuk menambah field baru.
Ø  Klik OK.
Ø  Berikan pada  informasi data tujuan.
Ø  Klik Close.
Ø  Pilihlah direktori penyimpanan pada kotak Save in.
Ø  Ketik  nama file sesuai keinginan pada kotak File name.
Ø  Klik Save
Ø  Klik OK.
3.      Menggabungkan File Master dengan File Data
Tahapan-tahapannya yaitu :
Ø  Tempatkan  kursor pada baris yang akan disisipkan field.
Ø  Klik Insert Merge Field.
Ø  Pilih field yang akan disisipkan.
Ø  Klik Insert.
Ø  Klik Close.
4.      Mencetak Mail Merge
a)      Mencetak mail merge ke file baru
Ø  Pilih Merge to New Document.
Ø  Akan tampil kotak dialog Merge to New Document.
Ø  Tentukan data yang akan dicetak.
Ø  Klik OK.
b)      Mencetak mail merge ke printer
Ø  Klik Merge to Printer.
Ø  Tampil kotak dialog Merge to Printer.
Ø  Tentukan data yang akan dicetak
Ø  OK
Ø  Kemudian tampil kotak dialog Print.
Ø  Tentukan Printer Name, Page Range, dan Number of copies.
Ø   OK.
·         Membuat tabel
1.      Dengan Insert Table
Ø  Klik Insert Table.
Ø  Drag jumlah baris dan kolom yang diperlukan
Ø  Drop mouse, kemudian akan tampil bentuk tabel sesuai dengan keinginan.
2.      Dengan Ikon Draw Table
Ø  Pilih Tables and Borders
Ø  Klik Draw Table.
Ø  Buat kotak pada posisi yang diinginkan.
Ø  Lalu bagi kotak tyang telah dibuat  menjadi beberapa baris dan kolom sesuai kebutuhan.
Ø  Gunakan ikon Eraser untuk menghapus garis yang tidak diperlukan.
3.      Menggabungkan sel (Merge Cells)
Ø  Blok sel yang akan digabung.
Ø  Klik Table.
Ø  Pilih Merge Cells.
4.      Memisahkan  sel (Split Cells)
Ø  Kursor diletakkan pada sel
Ø  Klik Table.
Ø  Pilih Split Cells.
Ø  Atur  jumlah angka pemisah untuk kolom  pada kotak Number of Columns dan jumlah angka pemisah untuk baris pada kotak Number of rows.
Ø  OK.

·         Pindah Halaman Baru
Klik menu Insert. Pilih Break kemudian Page Break, lalu OK

E.    Aplikasi Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel merupakan suatu program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang didesain dan disebarluaskan oleh Microsoft Corporation yang ditujukan untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac Os. Microsoft office Excel menawarkan aplikasi penghitungan dan pembuatan grafik menerapkanupayamarketing Microsoft yang agresif, membuat Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang digemari banyak orang sampai saat ini. Aplikasi ini salah satu bagian dari Microsoft Office System, dan sampai saat ini sudah dirilis sampai versi Microsoft Office Excel 2010.
Excel merupakan program spreadsheet pertama yang memperbolehkan pengguna untuk melakukan pengeditan terhadap lembar kerja Excel sesuai keinginan/kebutuhan masing-masing individu. Excel juga menyediakan penghitungan kembali terhadap sel-sel yang salah, dan hanya sel yang berkaitan saja yang akan diperbarui nilanya sedangkan program spreadsheet lainnya akan melakukan penghitungan dari awal secara keseluruhan. Selain itu, Excel juga menawarkan aplikasi pengolahan grafik yang sangat baik. Excel memakai format berkas binerdimana format berkas utamanya memakaiBinary Interchange File Format (BIFF). Terjadi perubahansaat Microsoft meluncurkan Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang terdapat pada Excel 2002.


F.    Internet
Internet atau Interconnected Networking merupakan suatu sistem komunikasi dan informasi yang bersifat mendunia atau global dimana internet disini menghubungkan komputer-komputer maupun jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia.
Internet pada saat ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya orang-orang yang berpendidikan saja namun sudah mencakup masyarakat secara keseluruhan. Internet memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi kita semua. Manfaat internet berdasarkan golongan yang terdapat dalam masyarakat, antara lain :
1.      Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan:
a)      Menambah Wawasan dan Memperluas Ilmu pengetahuan, karena dengan mengakses internet pada setiap tugas-tugas sekolah maupun kuliah secara tidak sengaja pasti akan membaca setiap halaman website yang kita buka. Bagi orang-orang yang mampu menganalisa atas apa yang didapatnya pada internet akan menjadikan orang tersebut memiliki wawasan yang luas. Namun, bagi orang selalu anggap gampang, dimana tinggal Ctrl+C dan Ctrl+V pada word merupakan orang yang tiodak akan mendapatkan manfaat positif yang berarti walaupun orang tersebut sering mengakses internet.
b)      Sebagai sumber tambahan Pelajaran yang belum di mengerti di Sekolah: saat kita tidak mengerti dengan penjelasan Guru atau dosen kita, maka kita akan berusaha mencari hal yang tidak kita mengerti pada internet.
c)      Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer: dengan mengharuskan membuat tugas atau mengirim tugas melalui media internet, secara otomatis akan mengharuskan kita untuk mengetahui tentang komputer dan internet itu sendiri.
d)     Sebagai sarana komunikasi dan bertukar informasi.
2.      Manfaat Internet Pada Masyarakat
a)      Internet merupakan sumber informasi yang sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan, bidang literasi, atau bidang kesenian, bisa mencari berbagai informasi dari internet.
b)      Internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan. Misalnya, dengan berkirim informasi melalu email.
c)      Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan. Ini juga merupakan salah satu manfaat internet bagi masyarakat. Selain itu, jejaring internet bisa menambah pengetahuan tentang cara bersosialisasi dengan masyarakat luas.
d)     Sebagai sarana bisnis online. Sangat bermanfaat dan memberikan banyak keuntungan. Pada bisnis online kita tidak perlu menyiapkan lahan untuk berjualan tapi cukup dengan mempromosikan barang kita pada jejaring sosial, menyiapkan barangnya dan menunggu pembeli menghubungi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar